Fungsi Using Namespace Std pada Pemrograman C++




Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
                Kemarin waktu pelajaran disekolah saya ditanya “Apa sih fungsi using namespace std” oleh pak guru baru. Sekelas gak ada yang  bisa jawab soalnya kita dari awal udah make kode itu. Kirain kode tersebut emang udah struktur utama yang harus ada. Setelah saya cari tahu akhirnya ketemu deh, berikut ini jawabanya.
                Coba temen-temen bikin kode seperti ini
#include <iostream>
int main(){
                cout<<"Tanpa Using Namespace std;";
}
Pasti akan muncul error seperti ini


                Disitu terdapat pesan bahwa kita menggunakan fungsi int main cout was not declared in this scope. Ada juga tambahan std::cout.
                Program tersebut error karena untuk menggunakan cout kita harus mendeklarasikanya terlebih dahulu. Kita harus menggunakan std sebelum cout. Seperti contoh yang diberikan std::cout. Jadi programnya yang benar seperti ini.
#include <iostream>
int main(){
                std::cout<<"Tanpa Using Namespace std;";
}
Silahkan coba run kembali pasti akan berhasil. Namu misalkan kita akan menggunakan banyak cout apakah harus terus menuliskan std? ya tidak tentunya. Ini sekaligus menjawab pertanyaan pertama. Jadi biar kita gak harus menuliskan std:: terus menerus sebelum cout kita dapat mendeklarasikanya terlebih dahulu sebelum fungsi utama. Caranya dengan menuliskan using namespace std; setelah itu temen-temen dapat langsung menuliskan cout tanpa std didepanya. Contoh programnya seperti ini.
#include <iostream>
Using namespace std;
int main(){
                cout<<"Dengan Using Namespace std;";
}
 Mungkin itu yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Yang mau ditanyakan bisa langsung komentar.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.