Mengapa Penggunaan Tipe Data Harus Benar?




Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
                Mengapa sih penggunaan tipe data harus benar? Kok gak terserah saya aja, kan saya yang bikin? Hemm iya deh. Gini ya, misalkan kita akan minum. Benda apa sih yang kita gunakan untuk minum? Pasti kita mengunakan gelas kan. Apa mungkin kita minum menggunakan ember? Yaa bisa saja tapi tidak pantas karena terlalul besar.
                Ada lagi misal kita memilih wadah rumput untuk pakan sapi. Kita gunakan saja karung. Misalkan kita menggunakan plstik kresek tentu tidak muat banyak dan gampang sobek. Kita harus menggunakan wadah yang pas dan sesuai.
                Begitu juga penggunaan tipe data. Kita harus tepat memilih tipe data. Boleh saja misal temen-temen menggunakan tipe data double untuk menuliskan bilangan pecahan. Tetapi alangkah baiknya kita menggunakan float jika data yang kita inputkan nantinya tidak terlalu panjang. Itu akan lebih menghemat memori daripada menggunakan double.
                Jadi lebih bijaklah dalam menentukan tipe data. Gak ada yang salah kok tipe data apa yang temen-temen gunakan selama program tersebut tidak error. Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.